Selamat Datang di Blog Saya http://ddwikayana.blogspot.com

Minggu, 25 Maret 2012

Perbedaan Antara Skripsi Dengan Tesis

Pada artikel ini, saya akan menyampaikan perbedaan antara skripsi, tesis. Skripsi dan tesis masuk dalam kategori karya ilmiah. Karya ilmiah merupakan karya tulis yang telah diakui dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi maupun seni[1]. Walaupun kita semua sudah ketahui  bahwa pada skripsi, tesis, dan disertasi adalah syarat mutlak untuk melewati jenjang di perguruan tinggi. Tetapi ada lagi perbedaan antara ketiga hal tersebut yaitu :

1.      Segi Permasalahan
Masalah yang dikaji dalam skripsi cenderung pada masalah yang bersifat penerapan ilmu, sedangkan untuk tesis ke arah pengembangan ilmu.
2.      Segi Kajian Pustaka
Dalam mengemukakan hasil kajian pustaka, penulis skripsi hanya diharapkan untuk menjelaskan keterkaitan antara penelitian yang dilakukan dengan penelitian lain dengan topik yang sama. Sedangkan untuk tesis tidak hanya diharapkan mengemukakan keterkaitan saja, tetapi mampu menjelaskan secara jelas persamaan dan perbedaan antara penelitianya dengan penelitian lain sejenis.
3.      Segi Metodologi
Penulis skripsi dituntut untuk menyebutkan apakah sudah ada upaya dalam memperoleh data penelitian secara akurat dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yang valid. Bagi tesis, penyebutan adanya upaya saja tidaklah cukup, harus disertai dengan bukti-bukti yang dapat dijadikan pegangan untuk menyatakan bahwa instrumen pengumpulan data yang digunakan cukup valid.
4.      Segi Hasil Penelitan
Hasil penelitian yang dipaparkan dalam kesimpulan skripsi harus didukung oleh data yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan. Sedangkan dalam tesis, hasil yang dikemukakan selain didukung oleh data yang  diperoleh dari penelitian, juga harus dibandingkan dengan hasil penelitian lain yang sejenis.
Itulah beberapa perbedaan skripsi dengan tesis, semoga bermanfaat J .

Sumber :
Tanjung, Bahdin Nur. 2005. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Proposal, Skripsi, Dan Tesis : Dan Mempersiapkan Diri Menjadi Penuli Artikel Ilmiah. Medan: KENCANA 


[1] Dikutip dalam buku pedoman penulisan karya ilmiah oleh H. Bahdin Nur Tanjung, SE., MM  

1 komentar:

  1. Terima Kasih.. Post Anda Membantu Saya Jangan Lupa Ya.. Kunjungi Blogku
    http://aikawafaith.blogspot.com/

    BalasHapus