Selamat Datang di Blog Saya http://ddwikayana.blogspot.com

Senin, 09 April 2012

Inilah dia buku yang benar-benar menguak sisi lebih dari pasukan elit bangsa, KOPASSUS.

Judul Buku          : KOPASSUS UNTUK INDONESIA
Penulis               : Iwan Santosa, E.A. Natanegara
Penerbit              : Red & White Publishing
Cetakan               : I, 2009
Tebal Buku          : 341 Halaman
Wah, ini dia buku yang pertama saya baca, dan mungkin juga buku satu-satunya buku yang menelaah lebih dalam bagaimana sisi seluk-beluk pasukan elit bangsa KOPASSUS.
KOPASSUS adalah prajurit elit TNI yang dipilih melalui prajurit TNI reguler. Pada awal muka halamanya saja kita sudah disambut dengan background merah disertai lambang Pataka KOPASSUS.
Selanjutnya ditambah dengan isi sumpah prajurit, sapta marga, dan janji pasukan komando membuat buku ini lebih terkesan lagi. Dan lagi satu tak kalah pentingnya disertai dengan sejarah perjalanan kopassus dari tahun 1946 sampai 2009! Sungguh luar biasa!
Tak hanya covernya saja, isi dalam buku ini membedah segala sesuatu yang terjadi di dalam prajurit komando ini. Bab pertama di awali dengan syarat menjadi prajurit kopassus, ditambah dengan sedikit gambaran bagaimana susahnya pendidikan mereka di Batujajar. Cerita-cerita unik dalam pendidikan kopassus juga turut menyertai di dalam bab pertama. Perkenalan terhadap bagian-bagian dari kopassus yang lebih spesifik terdiri dari Sat-81 gultor dan sandhi yudha (sandha) intelijen yang merupakan bagian dari kekuatan pasukan kopassus.
Kalau kita berpikir bahwa tentara itu ganas, menyeramkan dan lain sebagainya. Di bab dua dijelaskan bagaimana bahwa prajurit kopassus juga diberikan pelatihan mengenai HAM agar menjadi pasukan yang ideal di masa depan nantinya. Dijelaskan pula bagaimana citra sebenarnya kopassus yang serba salah di dalam menjalankan tugasnya. Citra Kopassus yang kalah opini dan perlengkapan dan bagaimana pula cara menyelesaikan masalah tersebut, sungguh benar-benar pasukan yang hebat ! .
Ditambah 3 bab lagi yang menjelaskan kopassus yang memang prajurit yang benar-benar elit dan setia dalam mejalankan tugasnya.
SALAM KOMANDO !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar