Selamat Datang di Blog Saya http://ddwikayana.blogspot.com

Jumat, 18 November 2011

Manfaat Jogging di Pagi Hari

Well, kali ini aku mau sharing nih tentang olahraga yang murah meriah dan tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Yup, it's jogging, atau yang dikenal dengan lari pagi ini memang olahraga yang akhir-akhir ini cukup populer di masyarakat selain bersepeda. Jogging memberikan manfaat yang cukup spesifik bagi kesehatan tubuh, mau tahu selanjutnya? tetap baca artikel ini.
Orang cool lagi jogging


Jogging memberikan manfaat yang cukup spesifik bagi jantung. ini terbukti dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti ( hehehe ya iyalah, masa tukang parkir :D ) membuktikan bahwa otot jantung membutuhkan aliran darah lebih deras (dari pembuluh koroner yang memberinya makan) agar bugar dan berfungsi normal memompakan darah tanpa henti. Untuk itu, otot jantung membutuhkan aliran darah yang lebih deras dan lancar. Jogging memperderas aliran darah ke dalam koroner jantung. Dengan demikian kecukupan oksigen otot jantung terpenuhi dan otot jantung terjaga untuk bisa tetap cukup berdegup.Bukan hanya itu. Kelenturan pembuluh darah arteri tubuh yang terlatih menguncup dan mengembang akan terbantu oleh mengejangnya otot-otot tubuh yang berada di sekitar dinding pembuluh darah sewaktu melakukan kegiatan jogging itu. Hasil akhirnya, tekanan darah cenderung menjadi lebih rendah, perlengketan antarsel darah yang bisa berakibat gumpalan bekuan darah penyumbat pembuluh juga akan berkurang. Lebih dari itu, kolesterol baik (HDL) yang bekerja sebagai spons penyerap kolesterol jahat (LDL) akan meningkat dengan jogging. Tidak banyak cara di luar obat yang dapat meningkatkan kadar HDL selain dengan bergerak badan. Jogging tercatat mampu menurunkan risiko serangan jantung menjadi tinggal separuhnya.
Inilah orang beserta ekspresi jika lagi sakit jantung :D


Nah, itulah sekilas manfaat jogging buat kesehatan kita. So guys, jadi jogging itu jangan di anggap remeh bagi kita. Mulailah hidup sehat dan menumbuhkan budaya jogging demi kesehatan kita semua ^_^

2 komentar: